Persiapan Setelah Lulus Strata 1

     Persiapan setelah kuliah mungkin memang sesuatu yang harus difikirkan bagi para mahasiswa khususnya semester akhir agar perkuliahan yang dijalani minimal dapat membahagiakan dan menjadi kebanggaan orang tua. Pada tulisan kali ini Saya akan bercerita tentang bagaimana rencana Saya setelah lulus nanti.
       Mungkin diantara kita sebelum memasuki dunia kerja kita selalu berfikir tentang suatu pemikiran "besok kalo saya kerja bakal digaji berapa ya..?". Saya yakin pasti banyak yang berfikir tentang itu, karena mulanya pemikiran saya juga memang begitu. Mungkin itu juga merupakan suatu ketakutan para mahasiswa lulusan S1 bilamana gajinya nanti disamakan dengan gaji lulusan SMA/SMK. Tapi kini saya merubah pemikiran itu menjadi "besok kalo saya kerja bakal ngegaji karyawan berapa ya..?. Dengan kata lain daripada kita menerka-nerka gaji kita, bagaimana kalau kita yang menentukan gaji kita sendiri? mungkin menurut beberapa orang hal itu tidak mungkin bagi Fresh Graduate lulusan S1. Tapi menurut saya selagi ada kemauan disitu ada jalan, jadi rencana awal saya setelah lulus adalah berwirausaha. berbekal dengan jurusan saya Sistem Informasi dan lebih diunggulkan pakar analisnya, saya dengan segenap kemampuan saya beserta relasi dan kolega saya, saya akan mencari perusahaan - perusahaan kecil menengah yang ingin memanfaatkan teknologi informasi untuk memudahkan pekerjaan mereka. Berbekal teori dasar yang saya miliki tentang perancangan dan pembuatan sistem, akan saya buat rancangan sistem se-detail mungkin sesuai permintaan konsumen dengan menggunakan flowchart dan bahasa yang mudah dimengerti untuk para programmer. Programmer yang harus saya kerjakan tidak harus kerja tetap, mereka juga bisa PartTime atau kerja separuh waktu. Jadi, itu adalah rencana awal saya yang akan saya lakukan setelah lulus, kemudian rencana kedua saya adalah bekerja  sesuai yang diinginkan orang tua. Karena bukan saya optimis pada rencana awal saya, tapi saya yakin orang tua saya tidak akan mendukung bilamana saya bekerja hanya seperti itu. Semua orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk masa depan anaknya. dan mereka juga tidak ingin anaknya tidak sukses, apalagi telah banyak biaya pendidikan yang telah dikeluarkan olehnya. maka dari itu saya juga berniat melamar pekerjaan ke perusahaan tempat orang tua saya bekerja.  Demi kebahagiaan mereka dan rasa terimakasih saya untuk mereka karena telah membiayai saya hingga Sarjana. 
     Terfikir untuk melanjutkan S2?. pertanyaan itu mungkin lazim untuk lulusan S1. Saya bukannya tidak mau melanjutkan S2, tapi akan saya gunakan ijazah S1 saya untuk bekerja terlebih dahulu, dan bilamana ada kesempatan naik jabatan tapi harus menempuh pendidikan S2 terlebih dahulu, akan saya temput itu demi sebuah harapan baru. jadi bilamana ada yang bertanya kapan saya akan melanjutkan S2?. saya akan jawab disaat nanti ada tuntutan pekerjaan dan jabatan disebuah coorporate atau perusahaan,
  Demikian yang saya bisa ceritakan kepada pembaca sekalian tentang rencana kedepan saya setelah lulus. semoga bisa menjadi Inspirasi dan motivasi untuk kalian semua.

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.